Sukseskan Pelayanan Angkutan Laut Nataru, Koordinator Posko Yollah Pontoh Berharap Kerjasama Semua Pihak

  • Whatsapp

Buserkepri.Net — Toli Toli — KSOP Kelas IV Tolitoli sebagai pemegang otoritas diwilayah Pelabuhan Dede Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah telah menyiapkan diri dalam menghadapi arus penumpang angkutan laut jelang hari natal 2021 dan tahun baru 2022.

Penegasan ini disampaikan Kepala KSOP Kelas IV Tolitoli Nethanel OH.Rumondor, SH melalui Petugas Lalulintas Angkutan Laut (Lala) Yollah Pontoh, SH saat ditemui sejumlah awak media FPII di kantornya dikawasan Pelabuhan Tolitoli, senin (20/12/2021).

“Jadi begini, sesuai instruksi Dirjen Perhubungan La ut tanggal 13 Desember 2021, KSOP Kelas IV Tolitoli telah menindaklanjuti, dengan membentuk Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Pelabuhan Tolitoli,” jelas Yollah Pontoh yang juga mendapat kepercayaan sebagai Koordinator Posko Nataru 2021-2022 itu.

Menurut Yollah, pembentukan pos koordinasi (Posko) tersebut, telah dilakukan pada tanggal 17 Desember 2021 melalui rapat koordinasi eksternal dengan melibatkan semua pihak terkait.

Saat ditanya terkait tugas dan kewenangan Posko Nataru tersebut, Yollah Pontoh menjelaskan, pada prinsipnya, yang menjadi tugas pokok pos koordinasi Nataru adalah memastikan kebersihan, keamanan dan pengecekan sarana prasarana dan fasilitas penumpang, mulai dari terminal penumpang sampai pada akses keluar masuk kendaraan penjemput serta pengunjung pada pelabuhan dede tolitoli.

Sebagai Koordinator Posko Nataru Kabupaten Tolitoli 2021-2022, Yollah Pontoh memastikan akan menerapkan pola pelayanan prima. “Sebagai Ketua Pos Koordinasi Angkutan Laut Nataru 2021-2022 di pelabuhan tolitoli, kami pastikan akan menerapkan pelayanan prima, terutama disaat jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal penumpang dan kapal barang di pelabuhan tolitoli,” tegasnya.

Karena itu, Yollah Pontoh berharap dukungan dan kerjasama semua pihak terkait.”Yaa tentu saja untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan angkutan laut dipelabuhan tolitoli jelang natal dan tahun baru 2022, kami berharap agar semua pihak yang terlibat dalam keanggotaan pos koordinasi, seperti Dinas Perhubungan, Angkatan Laut, Pelindo, Pelni, Tim SAR, BMKG, dll…. kiranya dapat memberikan dukungan dan partisipasi aktif, sehingga apa yang menjadi harapan kita bersama dapat tercapai,” tukas Yollah.

Dalam kesempatan itu, Yollah Pontoh juga menegaskan bahwa dalam kurun waktu tiga tahun grafik penumpang jelang natal dan tahun baru di pelabuhan tolitoli menunjukkan flukruasi turun naik.”Berdasarkan data dalam tiga tahun terakhir, grafik penumpang jelang natal dan tahun baru di pelabuhan tolitoli menunjukkan grafik turun naik,” ungkap Yollah.

Sementara khusus untuk pelayanan Kapal Penumpang yang melayani kebutuhan masyarakat tolitoli jelang natal 2021 sampai dengan tahun baru 2022 nanti, ada dua Kapal Penumpang yang akan melayani, yakni KM Sabuk Nusantara 97 dan KM Sabuk Nusantara 116.

“Untuk itu pesan kami kepada semua pihak terkait, terutama kepada penyelenggara angkutan laut, kiranya dapat mentaati keselamatan pelayaran, sehingga dapat menciptakan keselamatan berlayar,” ujarnya mengakhiri pembicaraan.( Team )

 

Editor : ir

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *