Pj Gubernur Sambangi Bawaslu dan KPU Provinsi Sultra Pastikan Kesiapannya

  • Whatsapp

Buserkepri.Net — Kendari – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto didampingi Sahli bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemprov Sultra La Ode Fasikin menyambangi Kantor Bawaslu dan KPU Provinsi untuk memastikan kesiapannya, pada Selasa (06/02/24) .

Pj Gubernur mengawali kunjungan kerjanya ke Kantor Bawaslu untuk melihat kesiapan jajaran Bawaslu dan sekaligus
memonitor perkembangan pelanggaraan netralitas ASN selama berlangsungnya tahapan Pemilu 2024.

“Hari ini saya datang ke Kantor Bawaslu untuk berkoordinasi dan melihat kesiapannya sekaligus menanyakan apakah ada kendala yang harus disikapi sekaligus cek mengenai perkembanga. pelanggaran ASN. Alhamdulillah, secara umum pelanggaran netralitas ASN menurun drastis dibanding Pemilu sebelumnya. Dilingkungan Pemprov Sultra sendiri sampai saat ini _zero_ pelanggaran,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sultra Iwan Rompo melaporkan bahwa Bawaslu saat ini intens koordinasi Pemprov melalui Satpol PP Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) pada masa tenang Pemilu (11 s/d 13 Februari).

“Kemarin kami telah kumpul bersama instansi terkait dan perwakilan Parpol untuk sosialisasi penurunan APK saat masa tenang. Langkah ini akan terus kami lakukan guna terwujudnya Pemilu di Sultra yang aman, damai dan kondusif,” ungkap Iwan.

Pj Gubernur melanjutkan kunjungan ke Kantor KPU Provinsi Sultra. Setibanya di lokasi, Pj Gubernur menerima laporan kesiapan KPU menjelang hari pemungutan suara melalui paparan Ketua KPU.

“Secara khusus saya mengunjungi Bawaslu dan KPU Provinsi Sultra guna melihat kesiapan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 serta sebagai wujud sinergisitas yang baik antara Pemerintah Provinsi dan KPU,” pungkasnya.

Pada kesempatannya, Ketua KPU Asril melaporkan perkembangan penyelenggarannya Pemilu di Provinsi Sultra. Ia mengatakan 3 (tiga) hal utama kesiapan KPU menuju hari pemungutan suara.

“Pertama, terkait logistik Pemilu 2024 dimana terdapat 6 Kabupaten yang menjadi prioritas logistik karena letak geografis, dan prakiraan cuaca ekstrem di lokasi. Kedua, penyelenggara adhoc Pemilu. Ketiga, tahapan pemungutan dan penghitungan suara,” jelas Asril.

Selanjutnya, Pj Gubernur memberikan arahan tugas kepada Peserta kegiatan untuk mengenali tugas dengan baik, dan mengimplementasikan pelaksanaan tugasnya dengan baik.

“7 hari 15 jam 55 menit lagi kita akan menyenggarakan pemungutan suara Pemilu 2024, atensi saya kepada seluruh perangkat KPU untuk menyiapkan segala sesuatunya dengan baik, koordinasikan dengan para pihak dan stake holder terkait dengan baik, wujudkan Pemilu yang Luber dan Jurdil,” tegasnya.

Ia menambahkan, “Terakhir, saya katakan kunjungan ini adalah sebagai wujud kepedulian saya pada pesta demokrasi 2024. Saya harus pastikan hibah dana kepada KPU dan Bawaslu yang merupakan uang rakyat digunakan sesuai peruntukkannya,” tutup Andap.(red).

 

Irs.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *