Haul 5 Tahun Penobatan Seri Paduka Yang Dipertuan Agung Raja XII Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan

  • Whatsapp

Buserkepri.Net — Kampar  — Sabtu, 22 Januari 2022 acara Festival Gunung Sahilan dalam rangka Haul 5 Tahun Penobatan Seri Paduka yang Dipertuan Agung Raja XII Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan yang dilaksanakan di Istana Darussalam Kerajaan Rantau Kampar Kiri Kecamatan Gunung Sahilan.

Hadir dalam perhelatan tersebut Wakil Gubernur Riau, Sekda Kampar, Wakapolda Riau Brigjen Pol Tabana Bangun, Kasrem 031/Wira Bima Kolonel Inf Habzen Sianturi, SIP., MM, Ketua DPRD Kampar M Faisal,ST, Asisten Setko Kota Pekanbaru Azwan, Kapolres AKBP Rido Rolly Parsaoran Purba, SIK., MH, Panglima Kerajaan Gunung Sahilan Taharuddin Pahang Dt Panglimo Garang, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kampar Ir. Zulia Dharma, Camat Gunung Sahilan Musnaini serta perwakilan dari Kerajaan Siak, Pelalawan, Jambi dan lain sebagainya.

Di Provinsi Riau ini, selain Kerajaan Siak, juga ada Kerajaan Rantau Kampar Kiri yang lebih dikenal dengan sebutan Kerajaan Gunung Sahilan. Kerajaan Gunung Sahilan ini sudah ada pada abad ke-16, Cucu keempat dari Sri Maha Raja Diraja di Pagaruyung, Minang Kabau menjadi Raja pertama di Kerajaan Gunung Sahilan.

Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan ini menjadi satu kebagaan bagi masyarakat Riau, dimana Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan juga turut serta memiliki peran berjuang dalam kemerdekaan Indonesia.

Wakil Gubernur Riau H Edi Arizal Natar Nasution Datuk Sei Timbalan Setia Amanah pada kesempatannya menyampaikan apresiasi terhadap perhelatan ini, dan Kebanggaanya atas adanya kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan yang sudah ada pada Abad 16.

Dengan diadakannya kegiatan haul lima tahun kerajaan ke-XII ini diharapkan bisa menjadi momentum yang bisa dimanfaatkan untuk membagkitkan adat istiadat di bumi Melayu serta meningkatkan perekonomian.

Dtk Seri Paduka yang Dipertuan Agung Raja XII Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan H Tengku Muhammad Nizar, SH., MH. sendiri pada kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa Kerajaan Gunung Sahilan akan terus berupaya mengangkat batang tarondam yang sesuai dengan moto adat bersandikan sarak, sarak besandikan kitabullah, artinya segala adat istiadat harus sesuai dengan kitab allah dan sunah Rasul.

Dtk Seri Paduka yang Dipertuan Agung Raja XII Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan H Tengku Muhammad Nizar, SH., MH. juga menyampaikan dalam kerajaan Gunung Sahilan ini, Kami akan terus menjalin kerjasama dan akan terus mendukung program pemerintah daerah guna memajukan kabupaten Kampar, khususnya wilayah se-Rantau Kampar Kiri.

Di terakhir penyampaiannya, Dtk Seri Paduka yang Dipertuan Agung Raja XII Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan H Tengku Muhammad Nizar, SH., MH. didampingi Tengku Harianto juga meminta kepada pemerintah agar selalu memberikan perhatian dan kepeduliannya terhadap Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan, guna membangkitkan segala kegiatan adat baik di bidang seni dan di permainan tradisional.

Dalam kesempatan lain, camat Gunung Sahilan juga menyampaikan apresiasinya dan kebanggannya terhadap acara Festival Gunung Sahilan dan Penobatan Seri Paduka yang Dipertuan Agung Raja XII Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan. Camat juga menyampaikan dari sisi Pemerintah sangat mendukung, karna Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan ini menjadil simbol Kebesaran masyarakat Gunung Sahilan Rantau Kampar Kiri, kita ingin melestarikan, mengembangkan dan membesarkannya, karna Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan ini adat yang bersandi sarak, sarak yang bersandikan Kitabullah.dari sisi pemerintah siap berupaya mendukung untuk melestarikan nilai-nilai dan budaya adat.

Team FPII

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *