Humanis, Piket SPKT Polres Kobar Berikan Edukasi Kepada Masyarakat Yang Berkonsultasi Karena Penipuan Online

  • Whatsapp

Buserkepri.Net – Polres Kotawaringin Barat – Polres Kobar jajaran Polda Kalteng memiliki Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) yang berperan menjadi Sentra pelayanan Kepolisian termasuk berperan sebagai problem solving saat bertugas di tengah-tengah masyarakat. Salah satunya memberikan pendampingan hukum serta memberikan edukasi terkait hukum.

Karena SPKT Polres Kobar merupakan ujung tombak kepolisian di kewilayahan, peran dan tugasnya tidak bisa di pandang sebelah mata, mengingat kewajibannya yang selalu hadir di tengah tengah masyarakat dan membantu menyelesaikan memecahkan masalah (Problem Solving) yang dialami oleh masyarakat.

Salah satunya saat piket SPKT Bripka Hardison menerima laporan dari masyarakat yang tertipu atas jual beli online, jumat (03/03/2023).

” Pelapor merasa ditipu saat membeli barang melalui online, setelah pelapor mengirimkan sejumlah uang sesuai harga barang, pelapor malah di mintai sejumlah uang tambahan dengan alasan keamanan atau asuransi barang. Karena bingung pelapor kemudian datang ke kantor SPKT untuk berkonsultasi karena sudah merasa ditipu,”. Ucap Bripka Hardison.

Dari keterangan pelapor bahwa pelapor merasa tergiur dengan harga yang jauh lebih murah.

” Kemudian kami berikan edukasi bahwa jangan langsung percaya atau tergiur harga murah yang ditawarkan pada jual beli online,”. Tambahnya.

Hal ini selaras dengan pesan Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono S.H., S.I.K., M.Si. bahwa SPKT Polres Kobar sebagai pelayan, pengayom dan pelindung masyarakat wajib untuk melayani masyarakat dalam bentuk apapun, meski hanya sekedar berkonsultasi. Dan juga anggota Polres Kobar khususnya yang bertugas di pelayanan harus memiliki skill dan kemampuan serta wawasan agar dapat membantu masyarakat memberikan edukasi dan informasi jika ada masyarakat yang kebingungan atas permasalahan yang di alami.(M).

 

Irs.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *